Tuesday, November 17, 2015

Kenapa Allah Menciptakan Langit dan Bumi Dalam 6 Masa?


Ada yang bertanya kenapa Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Perkasa menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, apakah itu bukti bahwa Allah tidak Maha Kuasa? Kenapa Allah tidak menciptakan langit dan bumi dalam waktu sebentar saja?

Jawaban kami :

Memang, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan langit dan bumi dalam enam masa sebagaimana firman-Nya di banyak tempat di Al-Quran.

Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy. Tidak ada bagi kamu selain dari padaNya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? (Q.S. As-Sajdah : 4)

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? (Q.S. Yunus : 3)

Lalu kenapa Allah menciptakannya dalam enam masa? Apakah itu Allah tidak Maha Kuasa?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah Dzat Yang Maha Kuasa, Dia bisa menciptakan dan berkehendak terhadap sesuatu hanya dengan mengatakan “kun” yang berarti “Jadilah”

Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan, maka apabila Dia menetapkan sesuatu urusan, Dia hanya bekata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia. (Q.S. Al-Mu’min : 68)

Lalu kenapa Allah Yang Maha Kuasa menciptakan langit dan bumi dalam enam masa? Karena Allah Ta’ala itu ingin menunjukkan kepada kita bahwa segala sesuatu pekerjaan itu memerlukan proses, tidak asal jadi, meskipun Allah mampu melakukannya. Dia ingin menunjukkan kepada kita bahwasannya tanpa proses tidak akan ada keadilan. Seperti proses penciptaan manusia di Al-Quran, bukankah Allah itu Maha Kuasa? Tetapi kenapa Allah melakukannya dengan beberapa tahapan? Itulah alasannya

Melalui proses itulah Dia ingin kita berusaha dan terus berfikir dengan logika kita, kalau kita berdiam diri maka tidak akan ada hasil, Dia meminta kita terus berusaha untuk mencapai hasil yang kita inginkan.

Jadi, Allah menciptakan langit dan bumi dalam 6 masa karena Allah ingin menunjukkan kepada kita bahwasannya segala sesuatu itu butuh proses, bukan karena Allah tidak Maha Kuasa.


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Flickr