Friday, December 9, 2016

Sejarah Dan Perkembangan Software QSOFT - Alquran Software Download

Pada awal penyusunannya ditahun 2002 , QSoft dibuat sedemikian rupa agar pengoperasiannya dapat dilakukan oleh mereka yang awam yang sama sekali tidak bisa membaca al Quran, namun seiring dengan  semakin beragamnya latar belakang dan kemampuan para pengguna Qsoft, bertambah banyak pula tuntutan agar Qsoft mempunyai fungsi-fungsi dan data yang memenuhi kebutuhan para pelajar dan pengajar di perguruan tinggi maupun pesantren.



Memasuki tahun 2016 ini, "Qaaf datastudio" , tempat dimana software Qsoft dibuat telah mempunyai lebih dari 24 juta data (dan masih terus bertambah) yang terkait langsung dengan al Quran, dimana ke 24 juta data lebih tersebut telah disusun dalam satu database  yang dilengkapi dengan berbagai fungsi yang memungkinkan siapapun yang tertarik untuk mempelajari al Quran dapat memanfaatkannya tanpa harus mempunyai kemampuan membaca al Quran atau memahami bahasa Arab terlebih dahulu.

Terdapat beberapa alasan mengapa Qsoft harus dipelajari dan disebarkan kepada sebanyak mungkin umat Islam antara lain:




1. Sejauh ini Qaaf datastudio adalah pengembang software al Quran yang mempunyai database terlengkap yang tabel-tabelnya telah tersusun rapih meliputi tabel Juz, surat , ayat, waqof, kalimat / kata , unsur kata (morfem) dan huruf dalam berbagai format teks (Utsmani dan Imlaai, dengan harakat maupun tanpa harakat serta berbagai jenis transliterasi)

2. Sejauh ini Qsoft adalah satu-satunya software al Quran yang mempunyai fungsi penyaringan berganda (hasil penyaringannya dapat disaring kembali dengan parameter yang bervariasi)

3. Variasi pencarian dan penyaringan yang dilakukan pada Qsoft dapat mengkombinasi berbagai parameter yang terdapat pada masing-masing data, misalnya;  jenis kata: Isim, Fi'il dan Harf, akar kata, pola tasrif, medan makna, pola harakat, wazan, feminin-maskulin, tunggal-jamak-dual, kata ganti orang pertama-kedua-ketiga, majrur-mansub-marfu', jumlah kemunculan , sebaran kata, sebaran akar kata dan ratusan atribut lainnya yang dapat digunakan sebagai parameter pencarian.

4. Qaaf datastudio tidak bekerja dalam batas waktu tertentu sebagaimana biasanya suatu proyek  dikerjakan, tapi secara konsisten tanpa tujuan komersil terus menerus mengembangkan basis data seputar al Quran dan variasi penyuguhannya,  hal tersebutlah yang memungkinkan Qaaf datastudio dapat menyediakan software al Quran yang terlengkap bagi seluruh lapisan masyarakat Muslim, yang awam maupun akademis.

Tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan Qaaf datastudio dan Qsoft, fokusnya terhadap pengayaan data telah menyita waktu dan energi yang ada, sehingga sampai saat ini pengoperasian Qsoft masih tergantung pada ms Windows dan ms Access, blm tersedia dalam platform yang lain.

Demikian juga dengan penyebaran dan pelatihan yang diselenggarakan, masih bersifat sporadis karena hanya mengandalkan mereka yang ikhlas dan bersemangat menyampaikan Kalamullah  sebagai manifestasi pengabdian mereka kepada Allah swt.
[Bandung, Ramadhan 1437 Hijriah]


1 comment:

Subscribe

Flickr