Sunday, October 11, 2015

Allah Ta'ala Bersumpah Dengan Berbagai Waktu di Al-Quran



Di dalam Al-Quranul Karim, Allah Subhanahu Wa Ta’ala banyak bersumpah dengan banyak hal, mulai dari bersumpah dengan umur Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dengan hari Kiamat, bahkan bersumpah dengan diri-Nya sendiri.

Demi Allah, sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami kepada umat-umat sebelum kamu, tetapi syaitan menjadikan umat-umat itu memandang baik perbuatan mereka (yang buruk), maka syaitan menjadi pemimpin mereka di hari itu dan bagi mereka azab yang sangat pedih. (Q.S. An-Nahl : 63)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga bersumpah dengan semua waktu di bumi ini, baik itu pagi sampai malam. Berikut selengkapnya.

1. Waktu Malam
Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), (Q.S. Al-Lail : 1)

2. Waktu Dhuha
Demi waktu matahari sepenggalahan naik, (Q.S. Adh-Dhuhaa : 1)

3. Waktu Siang
dan siang apabila menampakkannya, (Q.S. Asy-Syams : 3)

4. Waktu Fajar
Demi fajar, (Q.S. Al-Fajr : 1)

5. Waktu Senja
Maka sesungguhnya Aku bersumpah dengan cahaya merah di waktu senja, (Q.S. Al-Insyiqaaq : 16)

Ayat-ayat di atas secara tidak langsung Allah Ta’ala ingin mengingatkan kita bahwa betapa pentingnya waktu itu dan jangan pernah sekali-kali menyia-nyiakan waktu. Allah Subhanahu Wa Ta’ala memperjelasnya lagi.

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (Q.S. Al-‘Ashr : 1-3)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala ingin menasehati kita bahwasannya jangan menjadi orang-orang yang rugi dengan membuang-buang waktu dengan percuma. Jadilah orang yang mampu mengatur dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, yaitu mengisi waktu-waktu kita dengan hal-hal baik.


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Flickr